Senin, 01 Juni 2015

MANAJEMEN KEBIDANAN



KONSEP MANAJEMEN
Manajemen adalah mengungkapkan apa yg hendak dikerjakan dan kemudian menyelesaikannya. Dengan kata lain menajemen menentukan tujuannya dahulu dg pasti (yakni menyatakan dg rinci apa yg hendak dituju) dan mencapainya.
Muninjaya 1999, “manajemen adalah ilmu atau seni ttg bagaimana menggunakan dumber daya sec efisien, efektif dan rasional u/ mencapai tujuan yg tlah ditetapkan serbelumnya”.
                                              
PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN
Efisiensi
Bagaimana mencapai akhir dg hanya menggunakan sarana yg perlu / dg menggunakan sarana sesedikit mgk.
Efektifitas
Seberapa besar suatu tujuan sedang atau telah tercapai
Rasional dalam mengambil keputusan
Keputusan merupakan suatu pilihan dr dua atau lebih tindakan. Pengambilan keputusan merupakan jawaban atas pertanyaan ttg perkembangan suatu kegiatan

PENGERTIAN MANAJEMEN KEBIDANAN
Manajemen Kebidanan adalah metode dan pendekatan pemecahan masalah kesehatan ibu dan anak yang khusus dilakukan oleh bidan di dalam memberikan asuhan kebidanan kepada individu, keluarga dan masyarakat.
Manajemen kebidanan bagi bidan dapat juga diartikan sebagai alat yang digunakan seorang bidan untuk memecahkan masalah kesehatan ibu dan anak.

LANGKAH-LANGKAH MANAJEMEN KEBIDANAN
Penerapan manajemen kebidanan dalam bentuk kegiatan praktek kebidanan dilakukan melalui suatu proses yang disebut langkah atau proses manajemen kebidanan.
Proses manajemen kebidanan ditulis oleh varney berdasarkan proses manajemen kebidanan American College of Nurse Midwife (ACNM) yg pada dasar pemikirannya sama dg proses manajemen menurut varney

7 LANGKAH VARNEY
Pertama : Pengumpulan data dasar
Kedua : Interpretasi data
Ketiga: Mengidetifikasi Diagnosa atau masalah potensial
Keempat: Mengidentifikasi dan menetapkan kebutuhan yg memerlukan penanganan segera
Kelima: Merencanakan asuhan yang menyeluruh
Keenam: Melaksanakan perencanaan
Ketujuh: Evaluasi hasil tindakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar